Minggu, 08 Desember 2013

Password Dengan 8 Karakter Dianggap Lebih Baik

Baru-baru ini hacker dilaporkan berhasil mencuri lebih dari dua juta akun Facebook, Google, Twitter, dan beberapa lainnya. Aksi ini pun cukup mengagetkan karena dilakukan hanya dalam waktu singkat, seperti yang dikutip oleh Mashable (5/12). Para peneliti dari Trustwave menyebutkan bahwa malware ini dipasang hampir di seluruh komputer yang ada di dunia. Dalam sebulan penyebarannya pun kemudian banyak data penting seperti password yang jatuh ke tangan hacker.

Menurut Trustwave, dicurinya password oleh hacker ini juga dapat dipicu oleh sangat rendahnya tingkat keamanan yang ada pada sebuah akun. Pihaknya juga menyebutkan bahwa sebaiknya pengguna mampu memberikan kombinasi password yang lebih banyak.

"Dalam analisis kami, password yang menggunakan minimal 8 karakter adalah yang paling ideal. Lebih dari 8 karakter, itu sudah pasti lebih baik. Sementara password yang terdiri hanya 4 karakter adalah type password yang sangat buruk," ujar juru bicara Trustwave yang dikutip dari Mashable (5/12).

Panjang saja tidak cukup. Sebaiknya pengguna harus memiliki password yang unik. Sangat tidak disarankan Anda menggunakan password yang sama pada beberapa akun pribadi Anda. Sebab hal tersebut akan sangat memudahkan para hacker untuk menembus pertahanan Anda.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar