Senin, 11 Maret 2013

5 Tips mengoptimalkan google chrome bag 2

Google Chrome merupakan salah satu browser yang memiliki banyak potensi tersembunyi. Ada banyak hal-hal keren yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan browser ini. Simak saja pada 5 tips optimalisasi Google Chrome bagian 1 di edisi yang lalu, dan di edisi ini kita akan melanjutkan tips yang masih ada untuk penggunaan Google Chrome.

Command Chrome

Developer atau pengguna yang suka utak-atik sistem mungkin membutuhkan fitur command ini. Dengan mengetikkan command tertentu pada address bar, maka kita bisa melihat berbagai macam fungsi sistem chrome. Misalkan kita ketikkan Chrome://memory, akan muncul informasi mengenai penggunaan memori pada chrome.
Command Chrome
Command Chrome
Atau gunakan command Chrome://flags untuk tweaking chrome, dan command Chrome://about untuk melihat seluruh daftar command yang bisa digunakan.

Ganti Tema Chrome

Hari gini masih pakai tema bawaan chrome? Jika kita menengok chrome webstore, kita bisa menggunakan banyak tema-tema chrome yang sangat menarik. Kunjungi bagian chrome webstore themes untuk mendapatkan tema-tema tersebut.
Chrome Themes
Chrome Themes
Anda  dapat mengurutkan theme berdasarkan kategori-kategori yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk memasangnya arahkan kursor pada theme lalu klik Choose theme.

Sinkronisasi dengan Akun Google

Keuntungan memiliki akun Google adalah, kita bisa mendapatkan banyak layanan yang dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan produktifitas. Begitu juga dengan Chrome, akun Google dapat digunakan sebagain media sinkronisasi data chrome seperti extention, bookmark, themes, dan banyak lagi. Kita dapat melakukan pengaturan pada chrome menu > settings > Sign in.
Sync Account
Sync Account
Kemudian untuk mengatur apa saja yang perlu disinkronisasi, pilih Advanced sync settings. Keuntungan sinkronisasi ini adalah kita bisa menggunaan data chrome di komputer mana saja selama chrome tersebut tersambung dengan akun Google miliki kita.
Sync Settings
Sync Settings

Membuat User Baru

Kita dapat membuat user baru pada chrome untuk memberikan kenyamanan dan personalisasi lebih pada saat browsing. Ini berguna jika hanya terdapat satu komputer dengan banyak pengguna seperti anggota keluarga. User baru dapat dibuat melalui chrome menu > Settings > Users > Add users.
Create User
Create User
Masukkan nama user yang baru lalu pilih gambar yang diinginkan. Gunakan ctrl + shift + M untuk berpindah ke user yang lain.

Iseng dengan Inspect Element

Sebagai sarana untuk bersenang-senang, ternyata kita bisa melakukan hal iseng dengan memanfaatkan fitur inspect element pada chrome. Dengan berbekal sedikit pengetahuan tentang html, kita dapat merubah halaman suatu website. Misalkan saya merubah informasi bio penulis di bisakomputer dengan klik kanan > inspect element. Kemudian pada bagian tag <div> yang menampilkan informasi, saya ubah dengan kata-kata yang saya inginkan.
Inspect Element
Inspect Element
Kemudian tutup jendela inspect element dan kejutkan teman Anda dengan informasi palsu itu.

Penutup

Baik tidaknya penggunaan browser memang bergantung pada penggunanya, jadi manfaatkan fitur-fitur chrome dengan baik untuk meningkatkan produktivitas kerja dan untuk mendapatkan informasi dari internet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber: Bisa Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar